FGD – Pemanfaatan Internet, Pemetaan dan GPS

Kegiatan FGD dilakukan pada tanggal 13 Desember 2017, bertempat di Gedung DBT Desa Durjela. Kegiatan ini bertujuan untuk menjelaskan pentingnya manfaat internet bagi kebutuhan masyarakat dalam mengelola informasi dan baik sebagai individu maupun kelompok atau baik secara pribadi ataupun umum. Dalam kegiatan ini peserta yang hadir merupakan perwakilan dari Perangkat Desa dan BPD, Perwakilan dari PKK, Perwakilan dari Kader Posyandu, Perwakilan dari Dusun Blakang Wamar, dan sebagian tokoh masyarakat.

Poin penting dalam FGD ini, yaitu : Manfaat Internet bagi Kebutuhan Masyarakat dan Pengenalan Aplikasi Pemetaan. Terkait dengan Pemetaan, ada dua hal penting yang dibicarakan dalam FGD ini. Pertama adalah Manfaat Pemetaan untuk kebutuhan masyarakat, dan kedua adalah pengenalan dan pengoperasian GPS.

Peserta sangat tertarik dengan kedua topik tersebut, lebih khusu pada point pemetaan. Karena hal ini sangat menjadi penting, mengingat persoalan Tapal Batas dengan desa tetangga belum ada kesepakatan bersama, dan persoalan in harus diselesaikan dengan petuah “duduk bersama satu meja, satu hati, satu tujuan dan satu manfaat“. Akhir dari pembahasan point ini, Pemerintah Desa sepakat menindaklanjuti persoalan ini dan menjadi prioritas dalam Rencana Kerja Pemerintah Desa Tahun 2018 dalam bentuk Peraturan Bersama Kepala Desa tentang Pemanfaatan Kawasan Perdesaan dengan desa tetangga.

Akhir dari FGD ini Pemerintah Desa menyampaikan terima kasih atas terlaksananya kegiatan ini, yang mana manfaat dari kegiatan ini cukup besar dalam menjawab semua kebutuh masyarakat lewat pemanfaatan internet desa, maupun pelatihan pemetaan dengan menggunakan GPS maupun software pendukungnya. Pemerintah Desa berharap kedepan, kegiatan ini harus terus dilakukan secara berkala dalam mendukung proses pembangunan desa maupun masyarakat desa Durjela secara umum. (JL).

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan