Kerapian Penataan Permukiman, Desa Durjela, Desa Rasa Kota

Semua bangunan di Desa Durjela berpagar Tertata Dengan Rapi
Semua bangunan di Desa Durjela berpagar Tertata Dengan Rapi

DJ- Desa Durjela Kecamatan Pulau-Pulau Aru Kabupaten Kepulauan Aru merupakan salah satu Desa Terluar di Indonesia. Melihat sekilas penataan Kampung di Desa Durjela seperti permukiman-permukiman komplek kelas menengah di Kota-Kota Besar.

Semua rumah tertata dengan  rapi, berpagar dengan warna cat oren dan Kuning rada putih sepanjang jalan Desa. Jala-jalan rapi-bersih tidak ditemukan sampah sedikit pun. Ada empat jalan yang sudah beraspal  saling menghubunkan satu-satu sama lain.

Jalan bersih, sepanjang kampung berpagar rapi

Begitu juga pada malam hari lampu-lampu menggunakan sinar matahari menyinari sepanjang Jalan Desa. Kita merasakan seperti  bukan sedang berada di Desa nun jauh dari Ibu Kota Negara. Tetapi Sesungguhnya ini Desa jauh dari Ibu Kota Negara dan Ibu Kota Provinsi.

Rumah adat Desa Durjela
Rumah adat Desa Durjela

Menurut Kepala  Desa  Durjela Markus Kobrua, Penataan Desa Durjela sudah lama dilakukan , Desa membagi empat wilayah pembangunan komplek perumahan, setiap warga yang ingin membuat rumah arus mentaati peraturan Desa.

“Masyarakat tidak boleh seenaknya membangun rumah, melanggar aturan yang telah dibuat Desa,”kata Markus.

Markus menjelaskan, untuk pembuatan pagar-pagar hampir semuanya dibangun menggunakan Dana Desa yang dikelola secara swakelola oleh warga.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan